RSS2.0

Selamat Datang

Klik disini yaa untuk informasi tentang Komunitas BundaInBiz, cara bergabung, para bunda moderator juga untuk mendapatkan aneka topik milis yang sudah dirangkum serta info kopdar!
Wanna know more about the very first Indonesia work at home community? Just click here to get to know us better, read our previous mailing list topics and be the first to know when a gathering is scheduled!

Sekilas Tentang Affiliate

Affiliate Program adalah sebuah cara menghasilkan uang dari internet. Bisnis ini pada dasarnya merupakan model bisnis yang sangat lama, yakni membayar jasa seseorang hanya jika mereka berhasil menjual. Kalau di dunia nyata biasanya hal ini kita kenal dengan istilah ‘calo’, ‘perantara’ atau ‘broker’. Contoh lainnya, ada mobil yang akan dijual, kita bantu mencari orang yang ingin membeli mobil tersebut. Kalau kita berhasil mendapatkan orang yang mau membeli mobil tersebut, kita biasanya diberi komisi atas jasa kita mendapatkan orang yang mau membeli mobil tersebut. Affiliate marketing kurang lebih juga serupa dengan bisnis itu! Ada banyak affiliate merchant yang bersedia membayar kalau kita berhasil mendapatkan calon pembeli yang memenuhi kualifikasi mereka. Dalam dunia internet marketing, calon pembeli ini biasa dikenal dengan sebutan “leads” atau “prospects”.-


Bagaimana Affiliate program bekerja ?

Semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui ‘link khusus’ atau dikenal dengan istilah ‘affiliate link’. Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/jasa). Cara kerja affiliate link adalah sebagai berikut:
Misalnya kita menemukan sebuah produk online yang ingin kita jual. Lalu kita melihat web site tersebut menawarkan program affiliate. Setelah kita pelajari ternyata mereka bersedia memberi kita komisi sebesar 40% untuk setiap penjualan yang kita hasilkan.Kita kemudian mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut dengan mengisi sebuah form. Biasanya merchant akan meminta kita untuk mengisi nama, alamat lengkap, nama penerima ‘cek’ (untuk komisi), email, nomor telepon, dll.Kita juga akan diminta untuk membaca ‘affiliate agreement’. Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant.Isinya biasa menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh affiliate merchant, seperti tidak boleh mengirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut).Affiliate agreement ini penting karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yang telah tertulis di sana, affiliate merchant bisa menunda pembayaran atau bahkan mengeluarkan kita dari affiliate program mereka.Nah, setelah kita menyatakan bersedia mematuhi affiliate agreement tersebut, affiliate merchant akan memberikan sebuah ‘affiliate link’ untuk kita. Tugas kita selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut.- Bagaimana Affiliate Program Ditemukan ?


Affiliate program dapat ditemukan di :

  • Search Engine. Anda dapat mencarinya di search engine seperti di google, yahoo atau lainnya. Contohnya : anti virus + affiliate program atau musik + affiliate program dll.
  • Kunjungi Affiliate Provider cth: CommisionJuntion.com, Linkshare.com atau Amazon.com dll-

Bagaimana Cara Memasarkan Affiliate Program ?

Banyak cara untuk dapat memasarkan Affiliate program seperti :
  • Melalui optin newsletter
  • Payperclick atau di google adwords (iklan berbayar)
  • Pengoptimalan situs di SEO (Search Engine Optimization)
  • Banner advertising, forum dan join venturee. Offline Advertising.

0 comments: